KRITIK SOSIAL DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA

Viana Nandasari, Dian Uswatun Hasanah

Abstract


ABSTRAK

Sebuah karya sastra berfungsi untuk memberikan pelajaran bagi pembaca. Salah satunya agar memperhatikan keadaan sosial masyarakat sekaligus  mampu memberikan pelajaran mengenai penanaman pendidikan karakter terhadap pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kritik sosial dan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori kritik sosial dari Soerjono Soekanto dan Budi Sulistyowati. Teori lain yang digunakan, yaitu pendidikan karakter dari Thomas Lickona. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kritik sosial dalam novel Orang-orang Biasa terdiri atas kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga, masalah generasi muda dalam masyarakat modern, pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat, masalah kependudukan, dan birokrasi. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan adalah kebijaksanaan, keadilan, keberanian, pengendalian diri, cinta, sikap positif, bekerja keras, integritas, syukur, kerendahan hati

Keywords


Kritik sosial, pendidikan karakter, novel

Full Text:

PDF

References


Damayanti, D. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Araska.

Dewi, Wa Ode Sintia dan Balawa, L. O. (2017). Kritik Sosial dalam Novel Surat Cinta Untuk Kisha Karya Bintang Berkisah. Bastra, 1(4), 1–13.

Hirata, A. (2019). Orang-orang Biasa. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Lickona, T. (2016). Character Matters. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Maulidina, B. H. (2017). Kritik Sosial dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Babad Ngalor Ngidul Karya Elizabeth D. Inandiak. Universitas Sebelas Maret.

Miles, Matthew B. dan Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Soekanto, Soerjono dan Sulistyowati, B. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Susanti, Marlina., Hamidin, dan Ismail, M. (2013). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Nazar-nazar Jiwa Karya Budi Sulistyo En-Nafi’. FBS Universitas Negeri Padang, 274–282.

Umayah, Safari Nurul., Sayitno, dan Waluyo, B. (2017). Kritik Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter Kumpulan Cerpen Wanita Muda Di Sebuah Hotel Mewah Karya Hamsad Rangkuti Serta Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 5(2), 104–121.

Wardani, Ana Mawardi., Imam dan Jannah, N. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Serdadu Pantai Karya Laode Insan dan Relevansinya terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. TARBIYATUNA, 6(1), 31–46.

Wellek, Rene dan Warren, A. (2014). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.36567/aly.v16i2.664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ALAYASASTRA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ALAYASASTRA INDEXED BY:

________________________________________________________________________

@2017 Alayasastra (e-ISSN 2615-6024, p-ISSN 1858-4950)

Balai Bahasa Jawa Tengah

Jalan Elang Raya Nomor 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50272

Telepon +6224-76744357, 76744356; Faksimile +6224-76722358; Pos-el alayasastrabbjt@gmail.com

Powered by OJS

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.