Daftar Bandar Togel Slot Online Terpercaya 2022

togel online

bandar togel

situs togel online

10 Daftar Situs Slot Terpercaya Dijamin VIP

online togel

judi togel online

situs slot online

slot online

togel terpercaya di batam

heromedia

Togel Online Terlengkap dan Terpercaya 2022

togel online

online togel

www togel online com

togel online terpercaya

daftar togel online terpercaya

daftar togel online

KEIMANAN DALAM NASKAH DRAMA “BALADA LANGGAR TUA” KARYA ALFANUL ULUM F.S. | Rudi | Alayasastra

KEIMANAN DALAM NASKAH DRAMA “BALADA LANGGAR TUA†KARYA ALFANUL ULUM F.S.

Rudi Rudi

Abstract


Naskah drama Balada Langar Tua karya Alfanul Ulum F.S., menggambarkan keimanan dalam kehidupan sehari-hari sangat esensial terhadap tingkah laku seseorang, yang diekspresikan melalui tokoh dalam naskah drama. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keimanan dalam naskah drama. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut menggunakan konsep keimanan dengan pendekatan pragmatik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan terhadap naskah drama. Teknik analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) mengklasifikasi data yang sesuai dengan tujuan penelitian, (2) menganalisis data yang diperoleh dari naskah drama Balada Langar Tua karya Alfanul Ulum F.S., (3) menginterpretasikan data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk keimanan adalah sebagai berikut. (1) Amaliah dalam bentuk merawat rumah Allah dan saling menolong terhadap tetangga. (2) Percaya adanya jin. (3) Percaya adanya neraka dan alam mahsyar. (4) Perasaan berdosa (tobat).


Keywords


keimanan, naskah drama, pragmatik

Full Text:

PDF

References


Al-Asyqar, Umar Sulaiman Abdullah. 2017. Rahasia Alam Malaikat, Jin dan Setan. Terjemahan oleh Kaserun AS Rahman. 2018. Jakarta: Qisthi Press

Al-Jumhuri, Muhammad Asroruddin. 2015. Belajar Aqidah Akhlak: Sebuah Ulasan Ringkas Tentang Asas Tauhid dan Akhlak Islamiyah. Yogyakarta: Deepublish.

Ardias, Afriza Yuan dan Sumartini Mulyono. 2019. “Konflik Sosial dalam Novel Karena Aku Tak Buta Karya Rendy Kusmawantoâ€. Jurnal Sastra Indonesia, Volume 8, Nomor 2, April 2019.

As-Suyuthy, Al-Imam. 2019. Alam Jin. Jakarta: Darul Falah.

Atomanadi. 2018. Kun Fayakun: Buku Pertama: Man Arofa Nafsahu Faqod Arofa Robbahu. Banten: Atmoon Self Publishing.

Emzir, dkk. 2018. Tentang Sastra: Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.

Garjito, Dany dan Farah Nabilla. 2020. “Viral Video Aksi Telanjang Sambil Baca Al Fatihah, Panen Kecaman Warganetâ€. https://www.suara.com/news/2020/05/07/171330/viral-video-aksi-telanjang-sambil-baca-al-fatihah-panen-kecaman-warganet diunduh pada tanggal 7 Mei 2020, Pukul 17.13 WIB.

Giriani, Nella Putri dkk. 2017. “Kepribadian Tokoh Utama dalam Naskah Monolog Balada Sumarah Karya Tentrem Lestari: Kajian Psikologi Sastraâ€. Jurnal Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2017.

Hidayat, M Mujib. 2018. “Analisis Bahan Ajar Akidah Madrasah Ibtidiyah (Studi Kritis atas Buku Membina Akidah Akhlak Karya Wiyadi)â€. Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 3, Nomor 1, Tahun 2018.

Ilyas, Deddy. 2013. “Antara Surga dan Neraka: Menanti Kehidupan nan Kekal Bermulaâ€. Jurnal Ilmu Agama, Voleme 14, Nomor 2, Tahun 2013.

Juwati. 2018. Sastra Lisan Bumi Silampari: Teori, Metode, dan Penerapannya. Yogyakarta: Deepublish

Mudtakim, Muhammad Ali. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Keimanan kepada Allah dalam Novel Jilbab Traveler Love Sparks in Korea Karya Asma Nadiaâ€. Skripsi. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Novianti, Nova dan Sirojul Munir. 2017. “Nilai Religius dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendraâ€. Literasi: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2017.

Oktavia, Wahyu. 2019. “Stilistika dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Naskah Drama Bunga Rumah Makan Karya Utuy Tatang Sontaniâ€. Alayasastra: Jurnal Ilmiah Kesusastraan, Volume 15, Nomor 1, Mei 2019.

Pratiwi, Femi Rahman dkk. 2019. “Efektivitas Bimbingan Gestalt Profetik untuk Meningkatkan Keimanan Siswa di SMAN 10 Kota Bogorâ€. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019): Prosiding Aciedss. Bogor: Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Putra, Ahmad dan Prasetio Rumondor. 2019. “Eksistensi Masjid di Era Rasulullah dan Era Millenialâ€. Tasamuh, Volume 17, Nomor 1, Tahun 2019.

Rahman, Kaserun AS. 2015. Kitab Istigfar: Wawasan Al-Qur'an dan Hadist tentang Cara Meraih Ampunan dan Rahmat Allah swt. Tanggerang: Lentera Hati.

Sumuranje, Lilis Nihwan. 2017. Petunjuk ke Surga Menurut Al-Qur'an. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sutdrajat, A. 2016. Peta Kehidupan. Guepedia.com.

Tarjo. 2019. Metode Penelitian Sistem 3x Baca. Yogyakarta: Deepublish.

Thoyyibah, Nur. 2016. “Nilai-Nilai Pendidikan Keimanan dan Ketaqwaan (Studi Analisis Novel Pesantren Impian Karya Asma Nadia)â€. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Utomo, Masitha Hanum dan Wenty Marina Minza. 2016. “Perilaku Menolong Relawan Spontan Bencana Alamâ€. Gadjah Mada Journal of Psychology, Volume 2, Nomor 1, Tahun 2016.

Zaenudin dan Mulyono. 2018. “Kritik Sosial dalam Naskah Drama Obrog Owok-Owok Ebreg Ewek-Ewek Karya Danarto: Tinjauan Sosiologi Sastraâ€. Jurnal Sastra Indonesia, Volume 7, Nomor 3, Tahun 2018.




DOI: https://doi.org/10.36567/aly.v16i2.605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ALAYASASTRA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ALAYASASTRA INDEXED BY:

________________________________________________________________________

@2017 Alayasastra (e-ISSN 2615-6024, p-ISSN 1858-4950)

Balai Bahasa Jawa Tengah

Jalan Elang Raya Nomor 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50272

Telepon +6224-76744357, 76744356; Faksimile +6224-76722358; Pos-el alayasastrabbjt@gmail.com

Powered by OJS

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.